Tokoh Perempuan NU Khofifah masuk “500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia (2021)”

Bagikan yuk..!

Surabaya (Radar96.com) – Tokoh Perempuan NU Khofifah Indar Parawansa yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU dan Gubernur Jawa Timur itu masuk dalam daftar “500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia (2021)” yang diterbitkan oleh lembaga penelitian independen “The Royal Islamic Strategic Studies Centre (MABDA)” atau Pusat Pembelajaran Strategis Kerajaan Islam, yang berafiliasi dengan “Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thougt” di Amman, Yordania.

Melansir laman Kompas.com (6/10/2019), The Muslim 500 adalah ajang penghargaan dan nominasi tahunan bagi tokoh muslim berpengaruh di seluruh dunia. Sebanyak 22 orang Indonesia masuk ke dalam daftar 500 tokoh tersebut. The Muslim 500 terbagi dalam Top 50, honourable mentions, dan daftar 450 orang yang terbagi dalam 13 kategori.

Dalam buku terbitan tahunan dengan pengarang İbrahim Kalın dan John L. Esposito (terbitan pertama pada 16/1/2009) itu, ada 22 Tokoh Indonesia masuk dalam Daftar “500 Muslim Paling Berpengaruh” itu, diantaranya politisi NU Khofifah Indar Parawansa pada urutan ke-132.

Tokoh lain dari Indonesia adalah Joko Widodo (presiden Indonesia/Peringkat ke-12), Said Aqil Siradj (ketua Nahdlatul Ulama/ke-18), dan Habib Luthfi bin Yahya (tokoh Nahdlatul Ulama/ke-32). Untuk “Honourable mention” adalah Din Syamsudin (mantan ketua umum PP Muhammadiyah).

Keilmuan: Achmad Mustofa Bisri (tokoh Nahdlatul Ulama), Ahmad Syafii Maarif (tokoh Muhammadiyah), dan Din Syamsudin (mantan ketua umum PP Muhammadiyah).

Politik: Anies Matta (Ketua Umum Partai Gelora, sebelumnya Sekjen Partai Keadilan Sejahtera), Prabowo Subianto (Menteri Pertahanan), dan Megawati Soekarnoputri (mantan presiden RI).

Administrasi urusan agama: KH Miftahul Achyar (Rais ‘Aam NU), KH Ma’ruf Amin (Wakil Presiden), dan Haedar Nashir (Ketua Umum Muhammadiyah).

Pengkhotbah dan pembimbing spiritual: Abdullah Gymnastiar, Quraish Shihab.

Filantropi, Amal dan pengembangan: Haidar Bagir (Direktur Utama kelompok Mizan dan pendiri penerbit Mizan).

Bisnis: Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan).

Perempuan Pejuang Listrik untuk Desa Terpencil (Sains dan Teknologi): Tri Mumpuni (Executive Director IBEKA).

Seni dan Budaya: Asma Nadia (penulis lebih dari 56 buku), dan Helvy Tiana Rosa (penulis lebih dari 60 buku).

Penghafal Qur’an: Hajjah Maria Ulfah (penghafal Qur’an).

Media: Goenawan Mohamad (pendiri Majalah Tempo).

Ekstremis: Abu Bakar Baashir (mantan pemimpin Majelis Mujahidin Indonesia/tokoh FPI).

Sementara itu pada kategori Selebriti dan Olahraga serta Isu Sosial tokoh Indonesia tidak termasuk di dalam daftar. (*)

Sumber: https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/20/144500365/22-tokoh-indonesia-di-daftar-500-muslim-paling-berpengaruh-dunia-2021?page=all.

BeritaTerkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.