NU buka posko relawan dan bantuan di Kantor PCNU Lumajang

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang juga membuka posko relawan dan bantuan di Kantor PCNU Jalan Alun-Alun Timur Nomor 3 Lumajang. (*/MA)
Bagikan yuk..!

Lumajang (Radar96.com) – Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuqi Mustamar mengajak kepada seluruh masyarakat, khususnya warga NU, untuk berdonasi guna membantu para korban erupsi gunung semeru.

Di saat yang sama, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang juga membuka posko relawan dan bantuan di Kantor PCNU Jalan Alun-Alun Timur Nomor 3 Lumajang.

Menurut KH Marzuqi Mustamar, di saat seperti ini, uluran tangan masyarakat sangat dibutuhkan untuk meringankan beban para korban.
“Kaum muslimin, warga NU, pengurus NU, para aghniya, mari kita berdonasi, kita membantu saudara-saudara kita di Lumajang yang terkena musibah lahar Semeru,” kata Kiai Marzuqi.

Selain itu, Kiai Marzuqi juga mengingatkan agar donasi tersebut disalurkan melalui lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) secara koordinatif. bantuan dapat disalurkan melalui Lazisnu yang ada di masing-masing kecamatan, Lazisnu di tingkat klabupaten/kota atau Lazisnu Jawa Timur.

“Pastikan lewat Lazisnu di masing-masing daerah atau kecamatan, lalu berkoordiansi dengan kabupaten atau kota, lalu berkoordinasi dengan Lazisnu PW (Jawa Timur), untuk semuanya kita arahkan ke korban Semeru,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Sabilur Rosyad Malang ini.

Senin (6/12), tim relawan dari PWNU Jatim juga akan terjun ke lokasi untuk mengirimkan bantuan awal sekaligus memastikan apa saja kebutuhan para korban, dan berkolaborasi dengan seluruh elemen organisasi.

Adapun saluran donasi PW Lazisnu Jatim, ujar Afif, dapat dikirimkan melalui rekening BCA (014) 429-8624-999 atas nama YAY Lazisnu Infaq dan rekening Bank Jatim Syariah (114) 610-1999-984 atas nama Lazisnu Jatim Infaq. Konfirmasi di nomer gawai 0896 3009 2626.

Doa Bersama

Sementara itu, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya warga Lumajang, Jawa Timur untuk menggelar istighotsah dan doa bersama dalam menghadapi bencana erupsi Semeru.

“Berdoa, dapat menjadi penenang dalam menghadapi berbagai ujian termasuk terjadinya erupsi Semeru ini. Mari kita doakan bersama dengan memperbanyak membaca istighotsah, qunut nazilah, supaya masyarakat yang tengah tertimpa musibah ini mendapatkan kemudahan dan penyelesaian dari Allah SWT,” kata Pimpinan BAZNAS RI KH Achmad Sudrajat, Lc, MA (5/12/2021).

Kiai Ajat menuturkan, Islam mengajarkan bahwa doa adalah senjata orang yang beriman, doa adalah penenang jiwa, dan doa merupakan penumbuh optimisme di dalam kehidupan. Dengan berdoa, Kiai Ajat berharap kejadian luar biasa seperti erupsi Semeru ini bisa segera diatasi dan memperoleh kemudahan dari Allah SWT.

“Sebagai orang yang beriman, kita yakin bahwa hanya Allah SWT yang bisa menolong dan menyelamatkan kita semua, setelah semua usaha lahir telah kita laksanakan dengan baik,” ucap Kiai Ajat.

Kiai Ajat meyakini setiap bencana yang diturunkan Allah sejatinya sebagai bahan introspeksi dan menyadarkan manusia untuk lebih mawas diri dan kembali mendekatkan diri, serta mengikuti petunjuk hidup yang telah disyariatkan.

“Saya yakin kita semua sedang dalam suasana kebatinan dan kesadaran spiritualitas yang sama, sebagai manusia yang lemah dan membutuhkan pertolongan dari Allah,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Kiai Ajat pun mengajak semua pihak, terutama masyarakat Lumajang Jawa Timur untuk untuk terus waspada, tetap berikhtiar, menjaga diri, keluarga dan orang lain di sekitar. Ia juga mengimbau semua pihak untuk saling bahu membahu membantu warga yang menjadi korban lahar Semeru.

“Untuk itu mari kita perkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, meningkatkan kedermawanan sosial, semangat berbagi dan rela berkorban untuk membatu saudara-saudara kita yang terdampak erupsi Semeru,” ucap Kiai Ajat.

Menurut Kiai Ajat, BAZNAS juga telah berkoordinasi kepada semua BAZNAS, Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) di tingkat nasional dan daerah serta stakeholder terkait untuk membantu korban erupsi Semeru.

“Kami meminta BAZNAS di semua tingkatan di berbagai daerah untuk menguatkan koordinasi dengan OPZ, LAZ, sebagai penguatan koordinasi dan kolaborasi gerakan zakat. Selemah apapun kita, jika bersinergi dan berkolaborasi pasti akan kuat. Mari kuatkan gerakan cinta zakat untuk kesejahteraan umat. Dengan koordinasi yang baik semoga bantuan yang disalurkan akan tepat sasaran dan sesuai kebutuhan serta lebih cepat diterima oleh warga korban erupsi,” pinta Kiai Ajat.

Sebelumnya, BAZNAS telah menurunkan tim personel yang terdiri dari BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), dokter, perawat, farmasis dan relawan untuk membangun pos kesehatan dan pengobatan mobile bagi warga korban lahar Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (*/my)

BeritaTerkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.