IPNU-IPPNU di Jember rintis Taman Baca

Seorang pengurus IPNU membantu bocah-bocah membaca buku di Taman Baca bikinan PAC IPNU-IPPNU Tanggul, Kabupaten Jember. (Foto: IPNU-IPPNU Tanggul/mz)
Bagikan yuk..!

Jember (Radar96.com) – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur, memiliki Taman Baca yang dirintis mulai di Alun-Alun Tanggul, Kecamatan Jember pada Minggu (14/3/2021).

“Budaya membaca di Indonesia makin hari kian rendah. Berdasarkan indeks nasional, tingkat minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,01. Sedangkan rata-data indeks tingkat membaca di negara-negara maju berkisar antara 0,45 hingga 0,62. Padahal, membaca sangatlah penting di dalam kehidupan, salah satunya dapat meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia (SDM),” kata Koordinator Departemen Dakwah PAC IPNU Tanggul, Muhammad Yordan Fitroni.

Menurut dia, kegiatan Taman Baca itu bertujuan untuk meningkatkan budaya baca para remaja yang sekarang sudah minim dilakukan. Padahal, membaca buku itu lebih banyak manfaatnya dari pada membaca di internet dan sebagainya, karena buku adalah segalanya, sumber ilmu pengetahuan.

“Salah satu tujuan diadakan taman baca ini ialah untuk memberikan kesempatan kepada anak atau remaja untuk mendapatkan edukasi yang berkualitas. Ke depan, taman membaca itu akan diadakan keliling di tempat-tempat yang strategis, bahkan juga ke pelosok desa yang minim literasi, agar semua kalangan bisa menikmati manfaat dari literasi,” ujar Yordan.

Sementara, Ketua PAC IPNU Tanggul, Mughan Faroid, berharap dengan adanya program taman membaca yang dikelola Departemen Dakwah itu bisa menjadi inspirasi bagi umat terkait pentingnya membaca di dalam kehidupan.

“Semoga ini menjadi inspirasi bagi umat terkait pentingnya membaca, teruslah semangat dan bermanfaat untuk umat,” katanya.

Sholawat Akbar
Selain itu, PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Tanggul juga telah mengadakan Sholawat Akbar untuk memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Harlah NU ke-98.

Sholawat Akbar untuk memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Harlah NU ke-98 serta rangkaian Harlah IPPNU ke-66 dan Harlah IPNU ke-67 yang diadakan PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Tanggul yang berkolaborasi bersama Pimpinan Komensariat Pondok Pesantren (PKPP) Al-Majidi Seladakon Tanggul di PP Al-Majidi pada 16 Maret 2021.

Rangkaian Harlah IPPNU ke-66 dan Harlah IPNU ke-67 yang berkolaborasi bersama Pimpinan Komensariat Pondok Pesantren (PKPP) Al-Majidi Seladakon Tanggul pada 16 Maret 2021 itu berlangsung di PP Al-Majidi.

Sholawat akbar ini dihadiri para tokoh NU, Badan Otonom dan warga Seladakon. Tidak hanya itu, warga pun sangat antusias hingga membawa nasi bungkus yang dikumpulkan PP. Al-Majidi untuk dibagikan kepada masyarakat.

Kegitan diawali dengan pembacaan sholawat, sambutan pengasuh PP. Almajidi, pembacaan tahlil dan tausiyah yang dibawakan oleh KH. Moh Rofii Baidhawi M. SH (Ketua PC LDNU Jember).

Dalam sambutannya, KH.Nasir Abdul Mazid selaku pengasuh PP. Al- majidi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam persiapan acara hingga berlangsung tertib dan lancar dan acara ini bertujuan untuk mengenang jasa KH. Hasyim As-asy’ari dan para ulama yang telah memperjuangkan NU hingga sampai saat ini

Selain itu KH. Moh Rofi’i Badhawi M. SH dalam ceramahnya menyampaikan bahwa peran pemuda sangatlah penting, sebab suatu saat posisi akan berganti kepada para pemuda. “Oleh sebab itu mari kita dukung kegiatan-kegiatan pemuda yang positif seperti yang dilaksanakan saat ini,” serunya. (*/mz)

Sumber:
*) https://jatim.nu.or.id/read/keren–ipnu-ippnu-di-jember-bikin-taman-membaca (Nur Faishal)
*) https://pcnujember.or.id/2021/03/18/ipnu-ippnu-tanggul-gelar-sholawat-akbar-untuk-memperingati-isra-miraj-dan-harlah-nu/ (Putri Safadila)

Komentar Facebook

BeritaTerkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *