Hoaks, KHM Hasan Mutawakkil ‘Alallah meninggal

Tangkapan Layar WA tentang pesan berantai KHM Hasan Mutawakkil 'Alallah meninggal yang hoaks
Bagikan yuk..!

Ketua MUI Jawa Timur dan pengasuh Pesantren Zainul Hasan, Genggong, Probolinggo, KHM Hasan Mutawakkil ‘Alallah dikabarkan meninggal dunia, demikian sebuah pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp, pada 21-22 Februari 2021.

Berikut pesan yang beredar dan mencatut nama Mantan Ketua PWNU Jawa Tmur itu:

“Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un…

Telah kapundut KHM Hasan Mutawakkil ‘Alallah SH MM, Ketua MUI Jawa Timur, pengasuh Pesantren Zainul Hasan, Genggong, Probolinggo

Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT.
Aamiin, Aamiin, Aamiin Ya Robbal Aalamiin

Namun, benarkah kabar tentang KHM Hasan Mutawakkil ‘Alallah meninggal dunia itu?

Berdasarkan penuturan Sekretaris umum MUI Jatim, Akh. Muzakki, bahwa kabar yang mencatut nama KHM Hasan Mutawakkil ‘Alallah tersebut adalah hoaks.

“Berkaitan dengan pesan berantai menyangkut al-mukarram KH Mutawakkil Alallah, pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong dan Ketua Umum MUI Jawa Timur, bersama ini atas perintah beliau, kami menyampaikan bahwa informasi berantai di atas adalah hoax,” katanya.

Menurut orang dekat KHM Hasan Mutawakkil ‘Alallah tersebut, pesan berantai medsos itu termasuk berita palsu, karena itu menyesatkan sekali. “Beliau seharian berkomunikasi dengan kami, dan tercatat pada 12:35 WIB beliau juga dalam komunikasi dengan kami dalam keadaan sehat,” katanya.

Bahkan, KHM Hasan Mutawakkil ‘Alallah juga sempat menanggapi berita bohong alias hoaks itu. “Ndak apa apa (diberitakan begitu). Moga saya diberi umur panjang oleh Allah,” kata Akh Muzakki mengutip KHM Hasan Mutawakkil ‘Alallah saat menerima kabar berantai nan palsu itu. (*/am)

Komentar Facebook

BeritaTerkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *