GP Ansor Lamongan budidayakan Pisang Cavendish di lahan hibah Pemdes

Kades Sugiono bersama H. Asifin pada panen Pisang Cavendish di lahan yang dikelola Ansor Sumberdadi, Lamongan, Sabtu (6/8/2022). (*/ansorlmg)
Bagikan yuk..!

Lamongan (Radar96.com) – Bersama dengan perangkat Desa Sumberdadi, Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Sumberdadi, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, melakukan panen ketiga dari kebun Pisang Cavendish di Dusun Balong Desa Sumberdadi, Sabtu (6/8/2022).

Capaian pada panen kali ini membuktikan keberhasilan budidaya Pisang Cavendish yang dikelola GP Ansor melalui salah satu unit usaha pemberdayaan di bidang pertanian.

Turut hadir dalam panen ketiga kali ini Kades Sumberdadi, Sugiono beserta istri, H. Asifin, staf Pemkab Lamongan beserta istri, bersama sahabat-sahabat Ansor Banser Desa Sumberdadi melakukan panen Pisang Cavendish.

Dari lahan seluas 1,2 hektar yang ditanami 2.100 pohon Pisang Cavendish merupakan lahan ganjaran Kepala Desa Sumberdadi (Sugiono) yang dihibahkan untuk dikelola PR GP Ansor Sumberdadi.

“Alhamdulillah hari ini kita panen 170 pohon Pisang Cavendish, pada panen perdana (30/7/2022) kami panen 103 pohon Pisang Cavendish, panen kedua 80 pohon Pisang Cavendish,” kata Plt. Ketua PR GP Ansor Sumberdadi, Sunardi.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemdes Sumberdadi karena GP Ansor Desa Sumberdadi dipercaya untuk mengelola lahan aset Desa Sumberdadi.

Sesuai komitmen dari pergerakan dan arahan dari Kades Sugiono, maka hasil dari budidaya 2,5 persen ditasyarufkan kepada warga Desa Sumberdadi yang kurang beruntung dan yatim piatu, serta untuk kemandirian organisasi.

Penanaman Pisang Cavendish dilakukan pada bulan November 2021. “Melihat hasil yang kami peroleh, maka kami optimis budidaya Pisang Cavendish ini dapat meningkatkan pendapatan petani, kami siap mendampingi masyarakat yang berminat untuk budidaya Pisang Cavendish,” tutup Sunardi.

Sementara itu, Kepala Desa Sumberdadi, Sugiono, menyampaikan, Pemdes Sumberdadi berkerjasama dengan Yasmin Banana yang dimiliki oleh H. Sholahudin Solokuro Lamongan untuk pemenuhan bibit Pisang Cavendish, budidaya Pisang Cavendish ini merupakan Jihad Pemdes Sumberdadi melalui jalur pemberdayaan pertanian, saat ini bersama dengan PR GP Ansor Sumberdadi.

Dengan budidaya Pisang Cavendish ini, secara matematis bisa meningkatkan penghasilan petani. “Ikhtiar ini juga sebagai bagian dari pemberdayaan ekonomi dan potensi lokal Desa Sumberdadi,” pungkasnya.

H. Asifin mengapresiasi atas capaian yang telah diraih oleh Pemdes bersama Ansor Sumberdadi yang luar biasa, ini bisa dicontoh oleh generasi muda dan warga Desa Sumberdadi untuk mengembangkan budidaya Pisang Cavendish.

Ia berpesan agar pelaksanaan program budidaya Pisang Cavendish ini bisa ditularkan kepada masyarakat, dan perlu mencari inovasi dalam pengelolaannya, seperti pemanfaatan pupuk organik yang bahannya tersedia melimpah di sekitar.

“Semoga budidaya Pisang Cavendish yang dikelola Ansor Desa Sumberdadi ini bisa membantu meningkatkan perekonomian petani di Desa Sumberdadi,” pungkasnya. (*/pna)

BeritaTerkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.