Mahasiswa Unuja ciptakan alat sensor deteksi suhu tubuh tanpa kontak

Alat sensor deteksi suhu tubuh ciptaan mahasiswa Unuja yang dipasang di pintu masuk kampus Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton-Probolinggo tanpa harus ada kontak. (*/Humas-Unuja)
Bagikan yuk..!

Probolinggo (Radar96.com) – Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Nurul Jadid, Deni Hardiansyah dkk, menciptakan alat sensor deteksi suhu tubuh yang dipasang di pintu masuk kampus Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton-Probolinggo tanpa harus ada kontak.

“Alat tersebut mampu mendeteksi suhu tubuh tanpa adanya kontak antara security kampus dengan sivitas akademika maupun tamu yang berkunjung ke kampus,” ujar Deni, mahasiswa yang juga aktif di UKM ROBOTIKA UNUJA itu (5/7/2021).

Selain itu, alat ini juga mampu memberikan informasi pada layar LCD dan notifikasi alarm apabila terdeteksi suhu tubuh yang melebihi 38 derajat.
Alat ini dikembangkan dengan menggunakan Arduino Nano dan Sensor Suhu LMX916.

“Alhamdulillah, kami sudah melakukan penyerahan alat secara simbolis kepada pihak kampus pada tanggal 1 Juli 2021,” papar Deni saat bertemu Dekan Fakultas Teknik Unuja, Kamil Malik, M.Kom., dan Wakil Rektor III Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Inovasi Unuja, M. Noer Fadli Hidayat, M.Kom.

Alat ciptaan mahasiswa itu mendapat apresiasi dari Kamil Malik, M.Kom selaku Dekan Fakultas Teknik. “Saya berharap karya ini mampu memompa semangat mahasiswa yang lain untuk terus berkarya,” katanya.

Senada dengan Dekan, M. Noer Fadli Hidayat, M.Kom, selaku Wakil Rektor III Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Inovasi Unuja juga berharap alat ini kedepan bisa terus dikembangkan dan dipasarkan kepada masyarakat secara massal.

Inovasi lain diciptakan sekelompok mahasiswa peserta KKN berorientasi kebermanfaatan (outcome) Unuja yang merancang terminal pengisian ulang daya listrik yang akan dipasangkan dengan unit solar panel yang dirancang mirip payung sebagai peneduh luar ruangan.

“Payung Solar Charger” yang merupakan karya kelompok KKN UNUJA di bawah bimbingan Sulistiyanto, M.T., (Ketua Prodi Teknik Elektro UNUJA) itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, khususnya sebagai salah satu fasilitas penunjang di kawasan-kawasan pariwisata.

Kelompok KKN UNUJA beranggotakan 17 orang mahasiswa, ini berhasil menciptakan produk tersebut dalam satu minggu itu merupakan produk teknologi tepat guna yang dapat mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. (*/Humas-UNUJA)

Sumber:
*) https://www.unuja.ac.id/bs/hbahhbdchkh.html
*) https://www.unuja.ac.id/bs/ajdiagaiddj.html

Komentar Facebook

BeritaTerkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *