Presiden pantau Vaksinasi AstraZeneca untuk Ulama di Sidoarjo

Presiden Jokowi bersama Forkopimda dan Ketum MUI Jatim menyampaikan pernyataan setelah meninjau vaksinasi di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Senin (22/03/2021).
Bagikan yuk..!

Sidoarjo (Radar96.com) – Presiden Joko Widodo memantau proses vaksinasi kepada sejumlah ulama, tokoh masyarakat, pejabat, dan perwakilan warga yang disuntik vaksin, diantaranya vaksin dengan merek AstraZeneca, yang dilaksanakan di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Senin (22/03/2021).

Jokowi hadir dengan didampingi Menteri Sekretaris Negara Praktikno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala Polda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, dan lainnya.

Berdasarkan siaran langsung yang ditayangkan chanel YouTube Sekretariat Presiden, sejumlah ulama dan kiai turut disuntik vaksin dan disaksikan secara langhsung oleh Jokowi dan pejabat lainnya, di antaranya Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, KH Hasan Mutawakkil Alallah.

Setelah dari meninjau vaksinasi di Sidoarjo, Jokowi dijadwalkan bergeser ke Kabupaten Pasuruan untuk meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum Umbulan di Desa Sidepan Winongan, Kecamatan Winongan. Berikutnya, Jokowi meninjau vaksinasi di Kabupaten Jombang.

Jokowi mengatakan, dirinya telah melakukan pertemuan dengan sejumlah kiai di Provinsi Jatim terkait dengan pelaksanaan vaksinasi AstraZeneca tersebut. “Jatim siap diberikan vaksin AstraZeneca untuk digunakan di pondok pesantren. Saya perintahkan Menkes segera distribusikan vaksin AstraZeneca di Jatim dan provinsi lain,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ketum MUI Jatim KH Hasan Mutawakkil Alallah mengatakan, sebelum ke Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan para kiai sepuh Jatim untuk meminta pendapat tentang vaksin AstraZeneca dari sudut pandang hukum Islam.

“Hukumnya adalah halalan thayyiban dan memang seharusnya untuk dimanfaatkan program vaksinasi pemerintah ini karena tujuannya tidak lain untuk menjaga jiwa dan keselamatan rakyatnya. Tidak ada pemerintah yang akan mencelakakan rakyatnya sendiri,” kata pengasuh Pesantren Zainul Hasan, Genggong, Probolinggo itu.

Menurutnya, vaksin AstraZeneca memang seharusnya untuk dimanfaatkan dalam program vaksinasi. “InSya-Allah, MUI sesuai dengan hasil audit LBPOM dan juga hasil musyawarah komisi fatwa bahwa hari ini akan memberikan fatwa kehalalan penggunaan vaksin AstraZeneca dan keamanan penggunaannya,” ucap mantan Ketua PWNU Jatim itu.

Selain di Sidoarjo dan Jombang, vaksinasi dengan merek AstraZeneca juga dijadwalkan di kantor PW Nahdlatul Ulama Jatim di Jalan Masjid Al Akbar Surabaya, Selasa (23/03/2021). Sedikitnya 100 kiai dan aktivis NU Jatim akan mengikuti vaksinasi pada kesempatan itu. (*/jatim.nu.or.id)

Sumber:
*) https://jatim.nu.or.id/read/presiden-jokowi-pantau-vaksinasi-astrazeneca-untuk-ulama-dan-warga-di-sidoarjo
*) https://jatim.nu.or.id/read/usai-divaksin–ketum-mui-jatim–astrazeneca-halalan-thayyiban

Komentar Facebook

BeritaTerkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *