Hilal terlihat di Bukit Condrodipo Gresik

Hasil rukyatul hilal lajnah falakiyah NU Kab. Gresik
Bagikan yuk..!

Gresik (Radar96.com) – Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Gresik, Senin (13/04/2021) melakukan pantauan hilal di Bukit Condrodipo, Gresik. Tepat saat memasuki waktu shalat Maghrib di wilayah setempat, Ketua LFNU Gresik, Abdul Moeid.

“Hari ini hilal terlihat oleh tiga orang, salah satunya Bupati Gresik H Fandi Akhmad Yani. Tiga orang tersebut akan disumpah oleh Pengadilan Agama Gresik,” katanya.

Menurutnya, saat pantauan hilal kondisi cuaca di Bukit Condrodipo sedikit mendung.

“Menjelang Maghrib tadi kondisinya sedikit mendung, namun hilal berhasil dilihat pada ketinggian sekitar tiga derajat pada pukul 17.30 hingga 17.32 WIB,” terangnya

Untuk proses selanjutnya, ia mengatakan bahwa laporan tersebut akan dibawa ke Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gresik.

“Selanjutnya laporan ini akan kami bawa ke Kemenag Gresik, karena penentuan 1 Ramdlan adalah domain pemerintah dengan sidang isbat,” pungkasnya.

Sementara itu, PBNU dalam Ikhbar Hasil Rukyatul Hilal Nomor 4105/C.I.34/04/2021 mengikhbarkan bahwa beberapa lokasi rukyat yang telah ditentukan telah berhasil melihat Hilal.

Surat ikhbar PBNU tentang pemberitahuan hasil rukyatul hilal bil fi’li awal ramadhan 1442H.

Atas dasar itu, sesuai pendapat Al-Madzahibul Arba’ah, maka PBNU mengikbarkan awal Ramadhan jatuh pada Hari Selasa Tanggal 13 April 2021.

Sumber: https://jatim.nu.or.id/read/hilal-terlihat-di-bukit-condrodipo-gresik

Komentar Facebook

BeritaTerkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *