Datang ke Papua, Gubernur Khofifah : Jaga Persaudaraan, Bawa Medali Emas Sebanyak-banyaknya

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan jajaran Forkompinda Jatim melakukan kunjungan ke enam mess atlet Jatim yang berlaga dalam PON XX di Papua, Minggu (3/10/2021). (*/hmn)
Bagikan yuk..!

Kota Jayapura (Radar96.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa optimistis kontingen Jawa Timur bisa membawa pulang banyak medali emas dan menjadi juara umum pada PON XX Papua 2021.

Hal tersebut disampaikan Khofifah saat menyambangi enam mess cabang olahraga (cabor) masing-masing sepatu roda, sepak takraw, layar, renang, dayung dan selancar, bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto dan Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung, Minggu (3/10).

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan jajaran Forkompinda Jatim memompa semangat atlet Jatim yang berlaga dalam PON XX di Papua, Minggu (3/10/2021). (*/hmn)

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Khofifah bersama Pangdam dan Kapolda juga memompa semangat dan motivasi para atlet yang sedang berjuang dalam perhelatan PON XX/2021 di Papua 2-15 Oktober 2021.

Menurutnya, persiapan yang dilakukan selama 4 tahun terakhir harus diwujudkan dalam bentuk perolehan medali sebanyak-banyaknya.

“Kalau boleh saya sambungkan, sejauh ini, penghasil emas potensial di Indonesia ada di Freeport-Timika, Papua dan Kabupaten Gresik. Jadi bawalah medali emas sebanyak-banyaknya bagi masyarakat Jatim,” tuturnya.

Khofifah mengatakan, dukungan juga datang dari Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya yang datang langsung ke Papua. Semangat yang diberikan untuk memberi penguatan bagi para atlet se Jatim.

“Forkompinda bisa menyeiringi tugas dan semangat para atlet dan pelatih selama melakukan laga dalam PON XX Papua,” ujar Khofifah.

Mantan Menteri Sosial tersebut mengingatkan para atlet agar membawa semangat Bumi Majapahit ke Bumi Cendrawasih.

“Ini yang harus kita sambungkan, rasa memiliki NKRI dibangun dengan damai dan kasih. Sebab, ada misi yang tidak sekadar sportifitas, melainkan seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo, perhelatan PON XX merupakan panggung persaudaraan, persatuan, serta melihat keberagaman yang menjadi kekayaan Indonesia,” pesannya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan jajaran Forkompinda Jatim mendatangi enam mess atlet Jatim yang berlaga dalam PON XX di Papua, Minggu (3/10/2021). (*/hmn)

Dengan demikian, Gubernur Khofifah mengajak seluruh atlet dan pelatih Jatim agar membangun dan merajut persaudaraan, persatuan dan keberagaman dengan segala penghormatan, penghargaan serta memberikan ruang satu dengan yang lain untuk saling mengenal.

“Tetaplah membawa harum nama Jatim di Bumi Cendrawasih, harum diantara kontingen dan harum dimata masyarakat Jatim melalui prestasi yang akan kita persembahkan untuk warga Jatim,” tandasnya.

Sementara itu, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto mengatakan dalam pembukaan PON XX semalam, atlet Jatim menunjukkan sikap dan mental pemain yang siap bertanding.

“Melihat Jatim mengenakan pakaian hijau-hijau itu langsung terlihat adem. Semoga kalian semua bisa mendapatkan medali emas,” tuturnya.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta mendoakan, sekaligus mendukung seluruh atlet Jatim yang bertanding dalam kejuaraan PON XX.

“Tentu kami berdoa bersama untuk kalian. Semangat dan semoga raihan medali bisa kalian dapatkan,” ujarnya.

Bahkan, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta berjanji akan memberi hadiah kepada atlet yang berhasil menyumbangkan medali emas.

“Untuk atlet yang berhasil menyumbangkan emas nanti akan kami rekomendasikan kalau ingin sekolah kepolisian dan memberikan fasilitas pembuatan SIM gratis,” imbuhnya.

Kunjungan yang dilakukan Gubernur Khofifah bersama jajaran Forkompinda membuat beberapa atlet bangga dan mengucapkan terima kasih. Seperti yang diungkapkan atlet cabor sepatu roda, Delfa Amalya Putri (19).

Delfa bersama tim optimis meraih hasil optimal untuk mengharumkan nama Jatim. Sebab, kata Delfa, sebelumnya sepatu roda sudah mempersembahkan medali perunggu.

“Kunjungan Ibu Gubernur Khofifah dan Forkompinda semakin melecut semangat kami untuk bisa mendapatkan medali emas,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan atlet sepak takraw putra Saiful Rizal. Menurutnya, kunjungan Gubernur Khofifah beserta Forkopimda tidak sekadar melecut semangat atlet, melainkan turut membakar spirit tim agar berjuang hingga titik darah penghabisan meraih medali emas.

“Melalui kunjungan ini, kami semakin optimis meraih medali sehingga mampu mengharumkan Jatim di kancah nasional,” ungkapnya.

Agar spirit, mimpi dan cita-cita kontingen Jatim berhasil mengumpulkan pundi-pundi medali, Gubernur perempuan pertama di Jatim itu turut mengajak seluruh atlet dan pelatih di enam cabor menyanyikan lagu Padamu Negeri.

“Mari bersama-sama menyatukan nafas kita dengan melantunkan lagu padamu negeri. Salam sehat dan sukses selalu untuk kalian semua,” seru Mantan Menteri Sosial RI tersebut.

Adapun, Gubernur Khofifah beserta jajaran Forkopimda menyerahkan bantuan uang penambah semangat bagi masing-masing cabor sebesar Rp25 juta.

Setelah menyambangi atlet enam cabor, Gubernur Khofifah melanjutkan dukungan bagi atlet cabor tenis Putri yang pada siang ini bertanding di partai final melawan DKI Jakarta. (*/hmn)

Komentar Facebook

BeritaTerkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *