Santri Nurul Jadid Probolinggo menangkan sayembara ‘Santri Sehari Menjadi Menteri’

Afi Ahmad Ridho, santri asal Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, ditetapkan sebagai pemenang pada Sayembara "Santri Sehari Menjadi Menteri" yang diselenggarakan Kementerian Agama. (*/NUO)
Bagikan yuk..!

Jakarta (Radar96.com) – Afi Ahmad Ridho, santri asal Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, ditetapkan sebagai pemenang pada Sayembara “Santri Sehari Menjadi Menteri” yang diselenggarakan Kementerian Agama.

Ridho yang lahir di Lumajang, Jawa Timur, pada 26 Juni 2003 ini terpilih setelah melalui tahapan seleksi, penjurian, dan wawancara yang ketat oleh dewan juri di Jakarta pada Ahad (17/10/2021). Ia menyisihkan 140 peserta lainnya yang ikut sayembara dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri 2021 tersebut.

Soal pengalaman organisasi, saat ini Ridho menjabat sebagai Ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK) MA Nurul Jadid dan Koordinator Kaderisasi Pengurus Komisariat IPNU Nurul Jadid. Selain sebagai aktivis pelajar, Ridho juga pernah menyabet juara 2 Story Telling Competition of MBI tingkat provinsi, juara 2 Olimpiade Bahasa Inggris tingkat kabupaten, dan juara 2 Pidato Bahasa Inggris yang diadakan Kemenag Probolinggo.
Sebagai pemenang, Ridho nantinya akan didampingi oleh Ghufron Ihsan (santri Pesantren Al-Muhajirin III Puwakarta) dan Nur Winda (santri DDI Salman Allakuang Sidrap Sulawesi Selatan) pada pelaksanaan acara Santri Sehari Menjadi Menteri di Jakarta pada Kamis 21 Oktober mendatang.
Menag Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, tujuan kegiatan sayembara Santri Sehari Menjadi Menteri agar para santri di seluruh Indonesia mendapatkan kesempatan dan pengalaman yang sama sebagai calon pemimpin di masa mendatang.

“Sejarah telah membuktikan peran dan kontribusi para santri, baik sejak sebelum kemerdekaan, perjuangan meraih kemerdekaan hingga sekarang. Bahkan, para pemimpin bangsa juga berasal dari kalangan santri,” tutur Menag di Jakarta, Ahad (17/10).

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani mengapresiasi para santri yang telah berani mendaftar sebagai peserta sayembara tersebut. Jumlah peserta sebanyak 140 orang itu merupakan salah satu bukti bahwa kalangan santri memang selalu siap untuk menjadi pemimpin di negeri ini.

“Rencananya, Afi beserta para pendampingnya akan diundang ke Jakarta dan mengikuti prosesi sebagai Santri Sehari Menjadi Menteri pada 21 Oktober mendatang dengan berbagai rangkaian aktivitas yang telah disusun panitia Peringatan Hari Santri 2021,” tegas Ramdhani.

Adapun para pemenang sayembara Santri Siaga Jiwa Raga lainnya akan diumumkan dalam Santriversary malam puncak peringatan Hari Santri 2021 pada Jumat, 22 Oktober 2021, di Auditorium HM Rasjidi, Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Santriversary juga akan ditayangkan secara live streaming melalui kanal media sosial Kementerian Agama. (*/NUO)

Sumber: https://nu.or.id/nasional/santri-nurul-jadid-probolinggo-menangkan-sayembara-santri-sehari-menjadi-menteri-OoRxa

Komentar Facebook

BeritaTerkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *